Archive for Hasiat Keistimewaan Dan Hukum Membaca Bismillah

Hasiat Keistimewaan Dan Hukum Membaca Bismillah

Hasiat Keistimewaan Dan Hukum Membaca Bismillah, Hadits tentang Fadhilah membaca bismillah, Pendapat ulama’ tentang bismillah, baca yuk!
Sering kali ketika mendengar bahwa sesuatu yang dimulai dengan baik maka endingnya-pun akan baik, tapi begitu pula sebaliknya, jika kita mengawali dengan hal yang negatif maka hasil dan  endingnya-pun sama. Rasanya statemen ini bukanlah sebuah omong kosong yang kebenarannya perlu ditanyakan lagi, karena dalam sebuah Hadits Rasulullah saw bersabda, “Setiap pekerjaan yang baik, jika tidak dimulai dengan “Bismillah” (menyebut nama Allah) maka (pekerjaan tersebut) akan terputus (dari keberkahan Allah)”.  yups……. nabi muhammad yang bergelar al-Amin, sudah menjelaskan akan pentingnya sikap positif untuk memulai segala aktifitas kita sehari-hari, dengan membaca bismillah atau basmalah terlebih dahulu.

Hasiat Keistimewaan Dan Hukum Membaca Bismillah.

Jika melihat pada redaksi hadits diatas para ulama’ fuqaha’ menyimpulkan bahwa hukum membaca bismillah dibagi menjadi empat, karena anjuran bismillah dalam hadits di atas adalah pada hal-hal atau aktifitas yang baik. keempat hukum membaca bismillah itu adalah sebagai berikut:
1. Hukum Wajib: Membaca bismillah hukumnya wajib bagi setiap orang yang shalat menurut madzhab syafi’i, karena Imam syafi’i (yang merupakan diikuti oleh mayoritas muslim indonesia) berpendapat : Bismillah atau basmalah adalah bagian dari ayat surat al-fatihah. Setiap mushalli (orang yang shalat) menurut beliau wajib membaca bismillah baik secara jahr (keras) atau tidak.  Jika begitu, bagaimana hukumnya bermakmum pada imam yang tidak membaca bismillah (menurut madzhab syafi’i)? untuk jawaban pertanyaan yang seperti ini insyaallah akan saya tulis di lain kesempatan.
2. Hukum sunnah: hukum yang kedua ini adalah seperti memulai makan, minum, tidur dan lain sebagainya.
3. Hukum makruh: membaca Bismillah hukumnya  makruh jika dibaca untuk memulai sesuatu yang makruh seperti merokok, jadi bagi perokok sejati janganlah coba-coba membaca bismillah sebelum menghisap tembakaunya. karena jika tidak, maka dia akan mendapat dua kemakruhan (kemakruhan merokok dan kemakruhan membaca bismillah).:-)
4. Hukum haram: Orang yang akan berbuat ma’siat akan mendapat dosa kuadrat, jika dia sebelum bertindak memulainya  dengan bacaan bismillah terlebih dahulu. Selain dapat dosa dari ma’siat yang dilakukannya, dia juga mendapat dosa dari membaca bismillah.
Kesimpulannya membaca bismillah memiliki hukum yang fleksibel, disesuaikan dengan setiap aktifitas yang kita lakukan. Untuk keistemawaan bismillah diantaranya adalah allah akan memberi ridhonya yang besar dan agung pada orang yang bangun tidur lalu membaca bismillah. untuk keistimewaan yang lain insyaallah akan saya tulis dilain waktu, jika anda penasaran dengan semua keistimeaan bismillah, anda bisa membacanya di kitab “Shiratal Mustaqim Fi Khawasi bismillahirrahmanirrahim”.

Hasiat Keistimewaan Dan Hukum Membaca Bismillah

gambar hasiat dan hukum membaca bismillah